Praktikum 11 – Membuat versi HTML dari Desain User Interface yang Sudah Dibuat


Praktikum 11 – Membuat versi HTML dari Desain User Interface yang Sudah Dibuat



1.      Tujuan

-          Mahasiswa dapat lebih mengetahui tentang Desain Web dengan membuat Desain User Interface.

-          Mahasiswa dapat lebih mengenal HTML untuk mendesain sebuah Web.



2.      Alat dan Bahan

-          Visual Studio Code

-          W3School + Bootstrap

-          Assets yang telah dibuat



3.      Dasar Teori

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML.



Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-Lee Robert ketika mereka bekerja di CERN (lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa) pada tahun 1989.



HTML atau singkatan dari HyperText Markup Language ialah suatu bahasa pemrograman yang menggunakan beberapa tanda-tanda tertentu (tag) dalam menyatakan kode-kode yang mesti ditafsirkan oleh browser supaya halaman web tersebut bisa ditampilkan secara benar.



Pada umunya yang saya ketahui, fungsi dari HTML ialah untuk mengelola serangkaian data dan juga informasi sehingga sebuah dokumen bisa diakses serta ditampilkan di Internet melalui layanan web.



Fungsi HTML yang lebih spesifik yakni :



a.       Membuat dan mengatur halaman web.

b.      Menampilkan beragam jenis informasi di dalam sebuah browser Internet.

c.       Membuat link ke halaman web lain dengan kode-kode tertentu (hypertext).



4.      Tugas Praktikum

Membuat versi HTML dari Desain User Interface minimal 1 buah desain



5.      Hasil Praktikum









6.      Kesimpulan

Pada praktikum kali ini kami masih belajar mengenai Visual Studio Code dan HTML melalui W3School serta Bootstrap. Tahap pertama yang baru saya lakukan ialah memasang background dengan ukuran yang pas serta menuliskan Judul Web kami saja.



7.      Referensi




Komentar