Praktikum 03 – Pengamatan Judul Tugas Akhir untuk Menjadi Tinjauan Pustaka


Praktikum 03 – Pengamatan Judul Tugas Akhir untuk Menjadi Tinjauan Pustaka


1.      Tujuan
Mahasiswa mampu menganalisa judul Tugas Akhir (TA) untuk Tinjauan Pustaka di proposal Tugas Akhir.

2.      Alat dan Bahan
Beberapa buku Tugas Akhir yang dijadikan referensi.

3.      Dasar Teori
Tugas Akhir (TA) adalah sebuah mata kuliah yang harus ditempuh oleh seorang mahasiswa menjelang akhir studinya. Mata kuliah ini berbentuk proyek mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing. Karya ilmiah yang dimaksud dapat berupa laporan ditulis sesuai dengan pedoman tugas akhir.

Tinjauan pustaka bukanlah proses meringkas setiap artikel yang telah ditinjau oleh seorang penulis karya ilmiah. Tinjauan pustaka dilakukan dengan cara membuat analisis kritis hubungan antara artikel-artikel jurnal dari karya para peneliti sebelumnya, dan hubungannya dengan riset si peneliti itu sendiri. Tinjauan pustaka dapat ditulis secara terpisah atau menjadi satu artikel tersendiri, atau dapat juga digunakan untuk menjadi kerangka teoritis atau rasional pada suatu penelitian. Tinjauan pustaka merupakan bagian dari proposal penelitian dan sering kali menjadi sebuah bab tersendiri dalam tesis atau disertasi. Secara umum, tujuan dari tinjauan pustaka adalah untuk menganalisis secara kritis bagian dari artikel jurnal melalui proses meringkas, mengklasifikasi dan membandingkan dengan penelitian sebelumnya.

Fungsi dari tinjauan pustaka, hakekatnya, adalah menggunakan dan mengevaluasi penelitian orang lain, untuk mencari celah (gap). Dari celah tersebut akhirnya peneliti membuat tempat sendiri dalam bidang ilmu yang diteliti sehingga pembaca yakin bahwa peneliti tahu betul bidang penelitian atau topik yang sedang ditelitinya.

4.      Tugas Praktikum
Mengamati buku-buku Tugas Akhir (yang setema dengan tugas praktikum sebelumnya) untuk dijadikan referensi Tinjauan Pustaka pada Proposal Tugas Akhir kelak.

5.      Hasil Praktikum
Kelompok kami terkendala prioritas masing-masing jadi kami belum sempat men-survey buku-buku Tugas Akhir tersebut di Perpustakaan D3 PENS. Jadi saat hari-H, kelompok kami salah satu judul referensinya diberi saran dari dosen yaitu Aplikasi Informasi Angkutan Umum di Surabaya dan judul kedua kami cari di internet yang sesuai dengan kemauan kelompok kami yaitu ranselkecil.com.

Pada blog tersebut sangat sesuai dengan tema tugas kelompok kami yakni membuat sebuah blog yang menaungi cerita-cerita dari para traveler atau bisa juga disebut blog traveler community.

6.      Kesimpulan
Dari hasil praktikum ini dapat disimpulkan jika belum adanya inovasi baru atau judul baru pada Tugas Akhir (yang setema dengan ide kelompok kami) maka hal ini dapat menjadi peluang baru kami sebagai mahasiswa untuk menjadikannya sebagai Judul Tugas Akhir.

7.      Referensi



Komentar