Praktikum 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE


Praktikum 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE

1.      Tujuan
Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.
2.      Alat
·         Adobe After Effect CC
·         Maxon Cinema 4D

3.      Bahan
Hasil praktikum sebelumnya.

4.      Dasar Teori
a)     Camera Depth adalah rentang lebar sebuah area yang bisa ditangkap oleh kamera.
Multi-Pass Rendering render adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum. Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering, yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu mengkonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh menyesuaikan rincian kecil atau melakukan perubahan.
b)     Depth of Field adalah Dalam optik , terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field (DOF), juga disebut rentang fokus atau rentang fokus yang efektif, adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan yang muncul diterima tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada suatu waktu, penurunan ketajaman bertahap pada setiap sisi jarak fokus, sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat di bawah kondisi tampilan normal.
c)      Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing adalah berbagai disebut "chroma key", "blue screen", "layar hijau" dan nama lain. Saat ini, kebanyakan, meskipun tidak semua, compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital. Teknik compositing pra-digital, bagaimanapun, kembali sejauh film trik Georges Méliès pada akhir abad ke-19, dan beberapa masih digunakan.

5.      Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
·         Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
·         Import masing-masing image sequences ke AE.
·         Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blu

6.      Petunjuk Praktikum

7.      Hasil Praktikum
·         Screen Record






·         Render
        


8.      Kesimpulan
Pada praktikum ke 4 ini saya tidak mengalami kesulitan. Namun terjadi masalah saat saya merekam (screen reord) yang tiba-tiba berhenti ditengah dan berakibat hasil screen record  hilang. Dan untuk screen record bagian compositing dengan AE saya ganti dengan capture atau berupa print screen layar. Praktikum ini saya kerjakan selama 3 minggu yaitu minggu ke 6,7,8.


9.      Referensi

Komentar