Praktikum 10 – Kuliah Tamu UI/UX Design
1.
Judul
Kuliah Tamu UI/UX Design
2.
Waktu
Rabu,
15 November 2017
3.
Pemateri
·
Yoki Tyas Riesmana
·
Kharisma Cendhika Putra
4.
Tempat
Teater Gedung D3 PENS
5.
Rangkuman
·
UI: User interface/ antarmuka
pengguna
·
Segala sesuatu yang dilihat oleh
pengguna
·
UX: User experience/ pengalaman
pengguna
·
Segala sesuatu yang dirasakan oleh
pengguna
·
Design: problem solving, rumitàmudah,
(aktivitas, merencanakan, merancang, membuat, solutif)
·
UI & UX Design untuk produk
digital : sebuah produk bukan hanya terlihat cantik/ menarik, tapi harus
mempunyai fungsi dan berfungsi dengan baik.
·
UI Design Goal: colorful, eye
catching, futuristic, menarik, keren, cantik
·
UX Design Goal: Clarity, mudah
digunakan, nyaman digunakan, mudah dipahami, hasil yang cepat, hasil yang tepat
·
UI & UX Design: untuk
meningkatkan mutu produk, membuat produk menjadi lebih simple
1. Observation
a. Amati permasalahan yang terjadi pada manusia/lingkungan sehari-hari
b. Pahami betul permasalahan yang ada
c. Jika belum paham, jangan mulai mencari solusi
2. Ideation
a. Simple is more, jangan menambah masalah dg kerumitan
b. Ide/solusi yang paling mudah diterapkan
c. 1 buah ide tidak cukup
3. Prototyping
a. Simple is more, buat prototype yg mudah dipahami & digunakan
b. Low or high fidelity, siapkan sebagai skenario
c. Keseragaman, repeat behaviour.
4. Testing
a. Tentukan hal apa yang akan di testing
b. Siapkan skenario testing
c. Tentukan kriteria user yang akan melakukan testing
a. Amati permasalahan yang terjadi pada manusia/lingkungan sehari-hari
b. Pahami betul permasalahan yang ada
c. Jika belum paham, jangan mulai mencari solusi
2. Ideation
a. Simple is more, jangan menambah masalah dg kerumitan
b. Ide/solusi yang paling mudah diterapkan
c. 1 buah ide tidak cukup
3. Prototyping
a. Simple is more, buat prototype yg mudah dipahami & digunakan
b. Low or high fidelity, siapkan sebagai skenario
c. Keseragaman, repeat behaviour.
4. Testing
a. Tentukan hal apa yang akan di testing
b. Siapkan skenario testing
c. Tentukan kriteria user yang akan melakukan testing
Komentar
Posting Komentar