Praktikum 10 – Kuliah Tamu UI/UX Design


Praktikum 10 – Kuliah Tamu UI/UX Design

1.       Judul

                Kuliah Tamu UI/UX Design



2.       Waktu

                Rabu, 15 November 2017



3.       Pemateri

·         Yoki Tyas Riesmana

·         Kharisma Cendhika Putra



4.       Tempat

Teater Gedung D3 PENS



5.       Rangkuman

·         UI: User interface/ antarmuka pengguna

·         Segala sesuatu yang dilihat oleh pengguna

·         UX: User experience/ pengalaman pengguna

·         Segala sesuatu yang dirasakan oleh pengguna

·         Design: problem solving, rumitàmudah, (aktivitas, merencanakan, merancang, membuat, solutif)

·         UI & UX Design untuk produk digital : sebuah produk bukan hanya terlihat cantik/ menarik, tapi harus mempunyai fungsi dan berfungsi dengan baik.

·         UI Design Goal: colorful, eye catching, futuristic, menarik, keren, cantik

·         UX Design Goal: Clarity, mudah digunakan, nyaman digunakan, mudah dipahami, hasil yang cepat, hasil yang tepat

·         UI & UX Design: untuk meningkatkan mutu produk, membuat produk menjadi lebih simple



    1. Observation
            a. Amati permasalahan yang terjadi pada manusia/lingkungan sehari-hari
            b. Pahami betul permasalahan yang ada
            c.  Jika belum paham, jangan mulai mencari solusi
    2. Ideation
            a. Simple is more, jangan menambah masalah dg kerumitan
            b. Ide/solusi yang paling mudah diterapkan
            c. 1 buah ide tidak cukup
    3. Prototyping
             a. Simple is more, buat prototype yg mudah dipahami & digunakan
             b. Low or high fidelity, siapkan sebagai skenario
             c. Keseragaman, repeat behaviour.
    4. Testing
             a. Tentukan hal apa yang akan di testing
             b. Siapkan skenario testing
             c. Tentukan kriteria user yang akan melakukan testing


Komentar