Praktikum 04 – Remake Logo Animasi


Praktikum 04 – Remake Logo Animasi

1.       Judul

                Remake Logo Animasi



2.       Tujuan

                Belajar membuat logo animation yang sudah ada



3.       Alat

·         Laptop HP Pavilion g series

·         Software Anime Studio Pro 10.0



4.       Dasar Teori

                Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak. 3 Penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu.[1]

Logo berasal dari Bahasa Yunani yaitu Logos , yang berarti kata, pikiran, pembicaraan, akal budi. Pada awalnya yang lebih populer adalah istilah logotype, bukan logo. Pertama kali istilah logotype muncul tahun 1810-1840, diartikan sebagai tulisan nama entitas yang didesain secara khusus dengan menggunakan teknik lettering atau memakai jenis huruf tertentu logotype adalah elemen tulisan saja. (Rustan, 2009: 12)

Logo adalah penyingkatan dari logotype. Istilah logo baru muncul tahun 1937 dan kini istilah logo lebih populer daripada logotype. Logo bisa menggunakan elemen apa saja, berupa tulisan, logogram, gambar, ilustrasi, dan lain-lain. Banyak juga yang mengatakan logo adalah elemen gambar/ simbol pada identitas visual. (Rustan, 2009: 13).

Selanjutnya, Sularko, dkk (2008: 6) dalam buku “How Do They Think,” mengemukakan bahwa logo atau corporate identity atau brand identity adalah sebuah tanda yang secara langsung tidak menjual, tetapi memberi suatu identitas yang pada akhirnya sebagai alat pemasaran yang signifikan, bahwa logo mampu membantu membedakan suatu produk atau jasa dari kompetitornya. Suatu logo diperoleh maknanya dari suatu kualitas yang disimbolkan, melalui pendekatan budaya perusahaan (corporate culture),penempatan posisi (positioning) historis atau aspirasi perusahaan, apa yang diartikan atau dimaksudkan adalah penting daripada seperti apa rupanya. Penekanannya pada makna di luar atau dibalik wujud logo itu. Secara keseluruhan logo merupakan instrumen rasa harga diri dan nilai-nilainya mampu mewujudkan citra positif dan dapat dipercaya. [2]



5.       Tugas Praktikum

Remake Animasi logo official



6.       Hasil Praktikum


·         Screen Record



·         Render




7.       Kesimpulan

                Praktikum kali ini membuat ulang animasi logo official dari PIXAR dengan menggunakan Software Anime Studio Pro versi 10.0. Dari animasi logo PIXAR yang telah saya buat ulang masih banyak kekurangan dari animasi logo aslinya. Seperti pada timing yang tidak pas, yang masih terlalu lambat durasi nya dari pada animasi logo aslinya.



8.       Referensi

·         Sitimariahulfah, "Animasi 2 dimensi (pengertian animasi, teknik animasi)", [online] diakses tanggal 10 September 2017, http://sitimariahulfah.ilearning.me/2016/04/20/animasi-2-dimensi-pengertian-animasi-teknik-animasi/

·        SangDesstockon, “Pengertian logo menurut para ahli, [online] diakses tanggal 8 Oktober 2017,http://www.sangdes.com/2015/02/tinjauan-umum-tentang-logo.html 




Komentar