Praktikum 02 - Menganimasikan Elemen Shape


Praktikum 02 - Menganimasikan Elemen Shape

1.       Judul

                Menganimasikan Elemen Shape



2.       Tujuan

                Mengeksplore possibilities menganimasikan elemen Shape



3.       Alat

·         Laptop HP Pavilion g series

·         Power Point 2007



4.       Bahan

·         (sembarang Geometric Shape)



5.       Dasar Teori

                Apa yang dimaksud Geometric Shape?

Geometri adalah cabang ilmu tertua dalam Matematika, yang merupakan studi tentang geometris, seperti segitiga, lingkaran, oval, persegi, persegi panjang, jajaran genjang, belah ketupat, bola, kerucut, silinder, piramida, prisma, belahan dll. Mempelajari geometri menyediakan banyak keterampilan dasar dan membantu untuk membangun kemampuan berpikir logika, penalaran analitis dan pemecahan masalah. Geometri memungkinkan kita untuk memahami ruang dalam sebuah kehidupan nyata yang membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang lebih baik. Geometri memiliki banyak praktek penggunaan, dari yang paling dasar sampai perkembangan teknologi yang semakin berkembang.

Geometri disebut sebagai ilmu praktis dan berhubungan dengan formula yang berbeda dari luas, panjang dan volume. Luas lingkaran, keliling, dan volume silinder adalah beberapa konsep dasar topik Geometri. Dengan proses belajar ini, siswa dapat memahami sudut akut, segitiga, persegi panjang, sudut tumpul, angka bujursangkar dan banyak hal lain yang relevan secara mendalam. Geometri ditemukan di mana-mana, dalam seni, arsitektur, teknik, olahraga, survei tanah, astronomi, ruang, alam, patung, mesin, robot, mobil dll, dan karena itu menjadi penting untuk memahami pendekatan dasar perlunya geometri dalam kehidupan nyata .



Geometri merupakan cabang penting dan tertua Matematika melibatkan studi luas, volume, lingkaran, segitiga dll.





6.       Tugas Praktikum

1)      Animasikan posisi dari sebuah Geometric Shape

2)      Animasikan rotasi dari sebuah Geometric Shape

3)      Animasikan skala dari sebuah Geometric Shape

4)      Buat animasi bebas menggunakan Geometric Shape, dan ceritakan properti apa saja yang di animasikan



7.       Hasil Praktikum

1)      Menganimasikan Posisi Triangle

   

2)      Menganimasikan Rotasi Triangle



3)      Menganimasikan Skala Triangle


4)      Menganimasikan karakter dari shape


                Properti yang saya animasikan pada karakter yaitu dari shape oval dan shape chord (setengah lingkaran). Dan pada kendaraan saya menggunakan shape rounded rectangle, oval, trapezoid, dan rectangle. Sedangkan pada blok yang ada tulisan 'sampai jumpa' saya hanya menggunakan rectangle. Pada karakter dan kendaraan saya hanya menganimasikannya dengan memindahkan posisi slide per slide (frame per frame) sedangkan pada blok tulisan sampai jumpa saya menganimasikannya dengan memberikan effect motion path circle.



·         Screen record






8.       Kesimpulan

                Praktikum kali ini membuat animasi dengan menggunakan  media power point dan menggunakan elemen-elemen dari bentuk geometri. Pada dasarnya membuat animasi di power point lebih mudah karena disini kita bermain effect dari animation itu sendiri dan bermain pada timingnya.



9.       Referensi

·         Broexel, “Pengertia Geometri dan rumus-rumus dasarnya lengkap”,  [online] diakses tanggal 17 September 2017, http://www.broexcel.com/pengertian-geometri-dan-rumus-rumus-dasarnyanya-lengkap.html


Komentar