Praktikum
02 - Menganimasikan Elemen Shape
1.
Judul
Menganimasikan Elemen Shape
2.
Tujuan
Mengeksplore possibilities
menganimasikan elemen Shape
3.
Alat
·
Laptop HP Pavilion g series
·
Power Point 2007
4.
Bahan
·
(sembarang Geometric Shape)
5.
Dasar
Teori
Apa yang dimaksud
Geometric Shape?
Geometri adalah cabang ilmu tertua dalam Matematika, yang
merupakan studi tentang geometris, seperti segitiga, lingkaran, oval, persegi,
persegi panjang, jajaran genjang, belah ketupat, bola, kerucut, silinder,
piramida, prisma, belahan dll. Mempelajari geometri menyediakan banyak
keterampilan dasar dan membantu untuk membangun kemampuan berpikir logika,
penalaran analitis dan pemecahan masalah. Geometri memungkinkan kita untuk
memahami ruang dalam sebuah kehidupan nyata yang membantu siswa dalam memahami
konsep-konsep yang lebih baik. Geometri memiliki banyak praktek penggunaan,
dari yang paling dasar sampai perkembangan teknologi yang semakin berkembang.
Geometri disebut sebagai ilmu praktis dan berhubungan dengan
formula yang berbeda dari luas, panjang dan volume. Luas lingkaran, keliling,
dan volume silinder adalah beberapa konsep dasar topik Geometri. Dengan proses
belajar ini, siswa dapat memahami sudut akut, segitiga, persegi panjang, sudut
tumpul, angka bujursangkar dan banyak hal lain yang relevan secara mendalam.
Geometri ditemukan di mana-mana, dalam seni, arsitektur, teknik, olahraga,
survei tanah, astronomi, ruang, alam, patung, mesin, robot, mobil dll, dan
karena itu menjadi penting untuk memahami pendekatan dasar perlunya geometri
dalam kehidupan nyata .
Geometri merupakan cabang penting dan tertua Matematika melibatkan
studi luas, volume, lingkaran, segitiga dll.
6.
Tugas
Praktikum
1)
Animasikan posisi dari sebuah Geometric Shape
2)
Animasikan rotasi dari sebuah Geometric Shape
3)
Animasikan skala dari sebuah Geometric Shape
4)
Buat animasi bebas menggunakan Geometric
Shape, dan ceritakan properti apa saja yang di animasikan
7.
Hasil
Praktikum
1)
Menganimasikan Posisi Triangle
2)
Menganimasikan Rotasi Triangle
3)
Menganimasikan Skala Triangle
4)
Menganimasikan karakter dari shape
Properti
yang saya animasikan pada karakter yaitu dari shape oval dan shape chord
(setengah lingkaran). Dan pada kendaraan saya menggunakan shape rounded
rectangle, oval, trapezoid, dan rectangle. Sedangkan pada blok yang ada tulisan
'sampai jumpa' saya hanya menggunakan rectangle. Pada karakter dan kendaraan
saya hanya menganimasikannya dengan memindahkan posisi slide per slide (frame
per frame) sedangkan pada blok tulisan sampai jumpa saya menganimasikannya dengan
memberikan effect motion path circle.
·
Screen record
8.
Kesimpulan
Praktikum kali ini membuat animasi
dengan menggunakan media power point dan menggunakan elemen-elemen dari
bentuk geometri. Pada dasarnya membuat animasi di power point lebih mudah
karena disini kita bermain effect dari animation itu sendiri dan bermain pada
timingnya.
9.
Referensi
·
Broexel,
“Pengertia Geometri dan rumus-rumus dasarnya lengkap”, [online] diakses
tanggal 17 September 2017, http://www.broexcel.com/pengertian-geometri-dan-rumus-rumus-dasarnyanya-lengkap.html
Komentar
Posting Komentar