Animator Film The Avengers Hebohkan Cimahi

BIAF 2014

Animator Film The Avengers Hebohkan Cimahi

Rachmatunisa - detikinet
Sabtu, 29/11/2014 09:54 WIB

http://images.detik.com/content/2014/11/29/398/094610_aya.jpgRini Sugianto (rns/inet)
Cimahi - Dari sekian banyak jago animator dunia yang dihadirkan di Baros International Animation Festival (BIAF) 2014 di Cimahi, Rini Sugianto mungkin yang paling dinantikan. Terbukti, sesi talkshow dengan animator di balik film Tintin dan The Avengers ini heboh dan ramai audience.

Sebelum Rini naik ke atas panggung, hadirin yang sebagian besar terdiri dari pelajar dan pelaku animasi sudah memadati hall tempat acara berlangsung. Bahkan banyak di antaranya yang tidak kebagian duduk, rela berlesehan.

Dalam talkshow-nya, Rini bercerita bagaimana awal mula dirinya merintis karir di bidang animasi. Dia awalnya iseng melamar ke Weta Digital, sebuah studio animasi di Selandia Baru. Saat itu Weta mencari animator untuk penggarapan Tintin.

Tak disangka, Weta menyukai karya wanita yang bekerja di dunia animasi sejak 2005 ini. Akhirnya Rini yang sejak kecil sangat menyukai komik Tintin itu pun resmi direkrut untuk terlibat dalam penggarapan film sang jurnalis berjambul khas tersebut.

Keterlibatannya dalam film The Adventure of Tintin: The Secret of Unicorn, menjadi kiprahnya pertama kali di kancah perfilm-an. Setelah itu, karya animasinya pun mejeng di banyak film laris, sebut saja The Hobbit: An Unexpected Adventure, The Avengers, Ironman 2, The Hunger Games, The Hobbit 2: The Desolation of Smaug dan yang terbaru Teenage Mutant Ninja Turtle.

Dikatakan wanita yang kini tinggal di San Francisco, Amerika Serikat ini, tantangan terbesar dalam dunia animasi adalah tetap menghasilkan karya yang bagus. Industri animasi menurutnya sangat kompetitif. Portfolio yang bagus lah yang akan menang.

"Kompetisinya tinggi. Gak dilihat kamu gelarnya apa, yang penting karyanya. Misalnya lulusan SMK bagus portfolionya dibandingkan yang S1, maka yang di-hire yang lulusan SMK. Jadi hasil kerja yang dilihat," kisah Rini menceritakan pengalamannya. 

Meski sudah mencapai level internasional, Rini selalu berhati-hati untuk tidak terlalu membangga-banggakan prestasinya. Ini juga yang menjadi pesannya untuk semua animator. 

"Saran ini mungkin klise. Kerja keras. Jangan cepat puas dan jangan pernah menyerah. Coba lagi dan coba lagi terus. Dan minta karya kamu dinilai sama orang yang lebih berpengalaman. Always ask for critiques. Jangan pernah takut dikritik. Salah, perbaiki. Begitu terus sampai hasilnya maksimal. Itu cara paling gampang untuk memajukan skill," pesannya. 

Acara talkshow yang berlangsung lebih dari dua jam ini memancing banyak sekali pertanyaan dari para pecinta animasi. Sesi tanya jawab satu jam pun tampaknya tidak cukup. 

Ditambah lagi, pada akhir acara, selain meladeni sejumlah penanya yang tidak kebagian waktu bertanya, Rini juga harus dengan sabar dikerubuti, meladeni permintaan foto bareng dan tanda tangan dari hadirin ngefans berat dengan karya-karyanya. 

"Seru banget. Gak nyangka serame ini. Dan bagus sekali ada banyak pertanyaan. Menyenangkan melihat bagaimana minat mereka sama animasi," komentar Rini.

http://inet.detik.com/read/2014/11/29/094146/2762745/398/2/animator-film-the-avengers-hebohkan-cimahi

Komentar